Mengupas Minyak Ikan dan Manfaatnya

Minyak ikan adalah sumber alami dari asam lemak omega 3. Seperti yang kita ketahui asam lemak omega 3 berguna bagi kesehatan tubuh mulai dari dari aktivitas otot sampai dengan pertumbuhan sel tubuh. Dua komponen penting dalam asam lemak omega 3 adalah docosahexaenoic acid DHA dan  eicosapentaenoic acid EPA. Asupan asam lemak omega 3 harus kita dapatkan dari luar tubuh karena tubuh manusia tidak bisa memproduksi asam lemak omega 3. Oleh karena itu sebaiknya kita mengkonsumsi sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 agar dapat memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 untuk tubuh.

Manfaat Asam Lemak Omega 3. 

Asam lemak omega 3 memiliki beberapa manfaat kesehatan antara lain menurunkan kadar trigliserida dalam darah, meningkatkan fungsi kognitif pada otak anak-anak, membantu meningkatkan kualitas mata anak, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Dalam banyak penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan dapat mengurangi kadar trigliserida dalam darah sebanyak 20-50%. Efek dari minyak ikan lebih besar pada mereka yang memiliki kadar trigliserida yang lebih tinggi pula. 

DHA yang merupakan salah satu komponen dalam asam lemak omega 3 memiliki peranan penting dalam masa kehamilan dan tahap awal tumbuh kembang anak. Seperti yang dituliskan dalam laman www.ncbi.nlm.nih.gov peran DHA penting dalam perkembangan dan fungsi otak serta mata. Defisiensi dan ketidakseimbangan  DHA berkorelasi positif dengan gangguan kognitif dan performa tingkah laku anak. Selain itu air susu ibu  yang mengandung level plasma DHA tinggi secara langsung berkorelasi dengan pertumbuhan dan perkembangan otak serta sistem visual yang lebih baik pada anak-anak. 

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan anak berusia 9-12 bulan, pemberian suplemen minyak ikan menunjukkan peningkatan skor atensi pada sebuah tes bermain bebas. Selain itu pemberian suplemen juga menunjukkan bahwa terjadi penurunan tekanan darah sistolik. Pada tes lain yang melibatkan anak berusia 4 tahun, pemberian suplemen selama 4 bulan memperlihatkan adanya performa anak pada tes pemahaman mendengar dan penyerapan kosakata baru. 

Sumber Asam Lemak Omega 3

Ikan tuna, makarel, salmon, cod liver, dan herring adalah sumber dari minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega 3. Sumber lain dari asam lemak omega 3 antara lain flaxseed, chia seeds, kacang walnut, biji labu (pumpkin seeds) serta canola oil. Manfaat minyak ikan yang kaya asam lemak omega 3 bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi ikan secara langsung. Cara lain adalah dengan mengkonsumsi suplemen minyak ikan seperti yang banyak di pasaran saat ini. Suplemen minyak ikan memberikan kemudahan bagi konsumen yang hendak mengkonsumsinya secara rutin. 

Sumber bacaan:

https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-993/fish-oil

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5417803/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *