Mengenal Gula Cokelat, Gula Aren & Gula Kelapa

Saat ini minuman dengan campuran gula cokelat atau brown sugar sedang digemari oleh berbagai kalangan baik yang muda maupun yang tua. Anak muda menyukai minuman susu atau cheese tea yang dicampur dengan brown sugar. Sedangkan yang tua menyukainya dengan campuran kopi susu yang sering kita dengar dengan istilah es kopi susu kekininan. 

Dengan naik daunnya si brown sugar alias gula coklat mungkin banyak kawan oase yang bingung apakah gula coklat  sama dengan gula aren. Yang jelas keduanya sama-sama berwarna cokelat. Lalu apakah gura aren sama dengan gula kelapa. Biar lebih jelas yuk kita simak apa sih itu gula coklat, gula aren, dan gula kelapa.

Gula cokelat atau Brown Sugar

Pada resep-resep dari luar negeri sering didapati gula cokelat sebagai bahan pembuat kukis, keik ataupun minuman. Gula cokelat yang dimaksud di resep itu pada dasarnya serupa dengan gula kristal putih namun warnanya mencolok cokelat karena kandungan molases di dalamnya. Gula cokelat dibuat dengan menambahkan molases tebu kedalam gula putih kristal yang telah dirafinasi. Jadi dari asal mula, gula cokelat dan gula putih terbuat dari bahan yang sama yaitu tebu. 

Secara nutrisi, gula cokelat hampir sama kandungan gizinya dengan gula putih. Hanya saja gula cokelat mengandung sedikit lebih banyak kalsium, zat besi, dan potasium. Sedangkan untuk kalori, gula cokelat hanya mengandung lebih sedikit kalori daripada gula putih. Sebagai perbandingan 1 sendok teh gula putih mengandung 16,5 kalori sedangkan gula cokelat mengandung 15 kalori. Penggunaan gula cokelat pada makanan atau minuman hanya untuk keperluan pewarnaan dan rasa. Gula cokelat akan menghasilkan after taste karamel pada makanan atau minuman dan bukan sebagai pengganti yang lebih sehat.

Gula Aren dan Gula Kelapa

Gula aren adalah gula yang dihasilkan dari nira pohon enau. Sedangkan gula kelapa diperoleh dari nira pohon kelapa. Kedua-duanya dihasilkan dari cairan bunga pohon keluarga palma. Gula aren bubuk juga sering disebut sebagai gula semut karena penampilannya mirip dengan semut yang bergerombol. 

Berbeda dengan gula putih dan coklat yang sudah dirafinasi, gula aren dan gula kelapa adalah jenis gula yang raw dan tidak mengalami proses yang panjang. Dengan demikian kandungan gizi pada gula aren dan gula kelapa lebih kompleks dari pada gula cokelat atau putih. Gula aren dan gula kelapa kaya akan mineral seperti potasium, fosfor, zinc, dan mangan. Sedangkan vitamin yang dikandung adalah vitamin B .

Kelebihan gula aren dan gula kelapa dari gula cokelat adalah kadar indek glikemiks yang rendah. Indeks glikemiks  adalah sebuah metode untuk mengukur impak karbohidrat pada level gula darah. Indek glikemiks yang tinggi berarti makanan mudah diserap oleh darah sehingga level gula darah juga cepat naik dan menyebabkan pankreas mengeluarkan insulin pada darah. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kadar gula yang berasal dari keluarga palma seperti aren dan kelapa adalah sekitar 35 sedangkan madu 55 dan gula putih 65. 

Sekarang sudah jelas kan apa itu gula cokelat, gula aren, dan gula kelapa. Tinggal pilihan kawan oase ingin pilih yang guna jenis yang mana:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *