Lebih Jauh tentang Jerawat Kistik (Cystic Acne)

Kawan oase apakah kalian tahu bahwa jerawat adalah masalah kulit klasik yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Menurut penelitian, jerawat dialami oleh 9,4% warga di dunia sehingga menjadikan jerawat sebagai satu dari delapan penyakit yang paling banyak diderita di dunia. Jerawat sering dijumpai pada kulit remaja yang sedang mengalami masa pubertas. Remaja laki-laki biasanya mengidap jerawat yang paling parah. 

Ada beberapa tipe jerawat yaitu jerawat ringan (biasanya tumbuh beberapa di kulit wajah), sedang (jerawat besar, kemerahan tapi tidak bernanah), parah (jenis jerawat nodules yang seperti tampak di bawah permukaan serta kistik). Jerawat kistik muncul saat kistik membentuk di bagian bawah kulit. Kombinasi bakteri, minyak, dan sel kulit kering yang terperangkap di dalam pori-pori adalah faktor pemicu jerawat kistik. Walau dapat terjadi pada siapa saja, jerawat kistik umumnya ditemui pada orang yang bertipe kulit berminyak. Selain pada kulit tipe berminyak biasanya jerawat ini ditemui pada remaja dan perempuan dewasa yang mengalami ketidakseimbangan hormon.

Ciri-ciri Jerawat Kistik

Penampakan jerawat kistik biasanya lebih besar dan lebih dalam di kulit daripada jerawat biasa. Selain itu ciri-ciri lainnya adalah seringkali bernanah, nampak seperti benjolan berwarna putih, berwarna kemerahan di sekitarnya, terasa nyeri jika disentuh. Walaupun pada umumnya sering ditemui pada wajah, jerawat kistik juga dapat tumbuh di area lain pada tubuh seperti punggung, leher, dada, dan lengan. 

Perawatan Kulit yang Berjerawat Kistik

Kebersihan kulit adalah kunci dalam menangani jerawat kistik. Dengan rajin membersihkan kulit, maka pori-pori akan bersih dari kotoran serta minyak yang bisa menyumbat.  Berikut adalah beberapa tips yang dilakukan untuk mencegah dan mempercepat penyembuhan jerawat kistik:

  1. Bersihkan wajah setidaknya satu kali sehari pada malam hari. Gunakan pembersih kulit yang lembut di wajah dan sesuai dengan tipe kulit. Hindari menggosok kulit karena akan memicu iritasi. 
  2. Jangan pencet jerawat karena akan memperparah jerawat. 
  3. Pilih kosmetik yang berlabel bebas minyak dan non-comedogenic (produk yang tidak menyumbat pori-pori kulit).
  4. Oleskan obat jerawat setiap malam untuk mempercepat penyembuhan. Salah satu contohnya adalah peek me natural anti acne.
  5. Temui dokter kulit jika jerawat tidak kunjung sembuh atau semakin parah.

Selain menjaga kebersihan kulit, hal lain yang bisa dilakukan oleh kawan oase antara lain mengurangi stress, kurangi makanan yang berpotensi memicu tumbuhnya jerawat seperti makan berindeks glikemiks tinggi dan berlemak, bersihkan wajah dan badan sesaat setelah berolahraga untuk membersihkan sisa keringat dan kotoran di wajah dan badan. 

Sumber:

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25597339/
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/cystic-acne#TOC_TITLE_HDR_1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *